Unordered List

Ikan Gurami (Osphronemus goramy)

              
ikan gurami adalah salah satu ikan yang hidup dia air tawar. ikan ini banyak di sukai oleh masyarakat indonesia, baik disukai untuk di konsumsi maupun disukai untuk di budidayakan.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom       : Animalia
Filum        :Chordata
Kelas             : Actinopterygii
Ordo             : Perciformes 
  Famili            : Osphronemidae
Genus            : Osphronemus
Spesies          : Osphronemus goramy    

Ikan ini umumnya dikenal dengan nama gurami, ikan ini juga memiliki beberapa sebutan lokal seperti gurame; grameh; kalu; ikan kali dan lain-lain.ikan ini memiliki bentuk badan yang lebar dan pipih. Ikan yang lebar dan pipih. Panjang tubuh (SL, standard length) 2,0-2,1 kali tinggi tubuh; panjang tubuh total (dengan sirip ekor) bisa mencapai 1.000 mm. Sirip perut dengan jari-jari pertama yang pendek berupa duri dan jari-jari kedua yang lentur panjang serupa cambuk. Rumus sirip punggung (dorsal) XI-XIV (jari-jari keras atau duri) dan 12-14 (jari-jari lunak); sementara sirip dubur (anal) X-XI dan 20-23.
Ikan yang muda memiliki moncong yang meruncing, dengan 8-10 pita melintang (belang) di tubuhnya.

Gurame adalah hewan omnivora. jika di amati ikan ini memiliki keunikan tersendiri, keunikan tersebut terletak pada pola makan ikan gurami. Saat masih kecil, gurame cenderung bersifat karnivora dengan memakan kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, dan hewan kecil lainnya. Saat menginjak remaja, mereka lebih menyukai makan dedaunan seperti daun keladi/talas/sente, daun pepaya, kangkung, daun singkong, daun ubi jalar dan daun-daun lainnya. biasanya para pembudidaya ikan gurami memberinya makan dengan daun talas yang dipotong  batang daun talasnya kemudian kemudian daunnya langsung dimasukkan ke kolam dan daun itu lama kelamaan akan habis dimakan oleh ikan-ikan gurami.

           Perbedaan antara gurame jantan dan betina yaitu:

  •               Ikan gurame betina : sirip ekor melengkung/membulat, dahi rata, bibir bawah proposional      dan dasar sirip dada gelap/berwarna kehitaman. 
  •            Ikan gurame jantan : sirip ekor datar/rata, dahi menonjol/jenong, bibir bawah/rahang tebal dan dasar sirip dada terang/berwarna keputihan. 
 
 
  Jenis-Jenis Ikan Gurame di Indonesia
Adapun beberapa jenis ikan gurami di indonesia adalah:
·           Gurame Angsa
Karakteristik ikan gurame angsa adalah memiliki panjang tubuh sampai dengan 65 cm dan berat tubuh bisa mencapai 6-12 kg per ekor. Warna tubuh abu-abu dengan sisik relatif lebar. Di daerah sunda biasa dikenal sebagai gurame soang atau gurame galunggung.
·           Gurame Bastar
Gurame bastar memiliki tubuh agak kehitaman tetapi warna kepalanya putih. Bentuk sisik nya agak lebar, laju pertumbuhannya termasuk cepat namun jumlah telur yang dihasilkan tidak terlalu banyak hanya 2.000-3.000 butir setiap kali pemijahan.
·           Gurame Batu
Gurame batu memiliki warna hitam dengan sisik yang kasar. Pertumbuhannya cenderung lambat dibandingkan jenis yang lain. Beratnya hanya mencapai 0,5 kg dalam waktu 13 bulan semenjak menetas.
·           Gurame Bluesafir
Gurame bluesafir memiliki ciri fisik hampir sama dengan gurami yang lain namun memiliki warna merah muda cerah. Berat maksimum mencapai 2 kg per ekor. Produktivitas telurnya mencapai 5.000-7.000 butir.
·           Gurame Jepang
Gurame Jepang atau nama lainnya adalah gurami jepun, panjang tubuh gurame ini lebih pendek dibandingkan gurame angsa. Selain itu memiliki warna tubuh abu-abu kemerahan terutama ada ujung sirip-siripnya serta bentuk sisik kecil dan berat mencapai 3.5 kg dan panjang maksimal 45 cm.
·           Gurame Kapas
Gurame kapas memiliki warna putih keperakkan, mirip kapas dengan bentuk sisik yang cukup besar. Gurame jenis ini dapat tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai 1 kg dalam waktu sekitar 13 bulan semenjak menetas. Produktivitas telurnya bisa mencapai 3.000 butir setiap kali pemijahan.
·           Gurame Paris
Gurame ini memiliki warna merah muda cerah tetapi kepalanya berwarna putih dan terdapat bintik-bintik hitam diseluruh tubuh. Berat maksimum mencapai 1,5 kg, dengan produktivitas telur mencapai 5.000-6.000 butir.
·           Gurame Porselen
Gurame perselen, memiliki warna merah muda cerah dengan ukuran kepala relatif kecil. Keunggulannya adalah dalam menghasilkan telur jumlahnya bisa mencapai 10.000 butir setiap kali pemijahan. Gurame jenis ini adalah yang paling sering dicari sebagai benih unggul. Berat induknya mencapai 1,5-2 kg.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Penyebaran dan ekologi

       Gurami semula menyebar di pulau-pulau sunda besar (sumatra, jawa, dan Kalimantan), namun kini telah dipelihara sebagai ikan konsumsi di berbagai negara di Asia

       Di alam, gurami hidup di sungai, rawa dan kolam, termasuk pula di air payau; namun paling menyukai kolam-kolam dangkal dengan banyak tumbuhan. Sesekali ikan ini muncul ke permukaan untuk bernapas langsung dari udara
Induk gurami, untuk beberapa waktu lamanya, menjaga dan memelihara anak-anaknya. Telurnya dilekatkan di tetumbuhan air atau ditaruh di sarang yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Gurami terutama adalah pemakan tumbuhan , namun mau juga memangsa serangga, ikan lain, dan juga barang-barang yang membusuk di air. Dari sifatnya yang rakus tumbuhan itu, gurami juga dimanfaatkan sebagai pengendali gulma di kolam-kolam.
gambar benih ikan gurami
















Secara garis besar, budidaya gurami dibagi dalam 3 bagian utama, ini disebabkan pertumbuhan gurami yang lambat. ketiga bagian tersebut adalah:

  1. Pembibitan: Pembudidaya menyiapkan Induk Gurami (jantan dan betina) untuk dipijahkan (bertelur),
  2. Pendederan: Pembudidaya menetaskan telur menjadi larva hingga gurami dengan ukuran tertentu, biasanya ukuran 125 gram/ekor, atau 8 ekor/gram
  3. Pembesaran: Pembubidaya membesarkan gurami dari ukuran 125 ekor/gram menjadi 400 gram hingga 1kg/ekor, umumnya disebut sebagai ukuran konsumsi.
 

1 komentar:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

BIOLOGI

Trending Articles From Brand. Mag. Ux.

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.